(Bahan Materi) Teori Kontrol Sosial pada Sosiologi Perilaku Menyimpang

 Hai pembaca blogger!
Jangan bosan - bosan membaca yaaa. karena semakin kita banyak membaca, semakin banyak pengetahuan yang kita dapat๐Ÿ‘๐Ÿ‘๐Ÿ‘ masih di tema yang sama yaitu teori. kali ini saya akan bahas mengenai teori kontrol sosial.

Teori kontrol sosial merupakan suatu teori tentang penyimpangan yang disebabkan oleh kekosongan control atau pengendalian sosial. Teori ini dibangun atas pandangan yang mana pada dasarnya manusia memiliki kecenderungan untuk tidak patuh pada hukum serta memiliki pula dorongan untuk melawan hukum. Oleh sebab itu didalam teori ini menilai bahwa perilaku menyimpang merupakan konsekuensi logis dari kegagalan dari seseorang untuk menaati hukum yang ada.
Teori kontrol sosial membahas isu-isu tentang bagaimana masyarakat memelihara atau menambahkan kontrol sosial dan cara memperoleh konformitas atau kegagalan meraihnya dalam bentuk penyimpangan (Efrank E. Hagan, 2013: 236)
Travis Hirschi yang merupakan pelopor dari teori ini mengatakan bahwa “Perilaku criminal merupakan kegagalan kelompok-kelompok social konvensional seperti; keluarga, sekolah, kawan sebaya untuk mengikat atau terikat dengan individu”. (Yesmil Anwar Adang, 2013:102).
Dalam perkembangan teori kontrol sosial yang dipelopori oleh Travis Hirschi, maka ada satu ahli yang mengembangkan atas teori ini. ia mengajukan beberapa posisi teoritisnya, yaitu:
  1. Bahwa berbagai bentuk pengingkaran terhadap aturan-aturan sosial adalah akibat dari kegagalan mensosialisasikan individu warga masyarakat untuk bertindak conform terhadap aturan atau tata tertib yang ada;
  2. Penyimpangan dan bahkan kriminalitas atau prilaku kriminal, merupakan bukti kegagalan kelompok-kelompok sosial konvensional untuk mengikat individu agar tetap conform, seperti: keluarga, sekolah atau institusi pendidikan dan kelompok-kelompok dominan lainnya;
  3. Setiap individu seharusnya belajar untuk conform dan tidak melakukan tindakan menyimpang atau kriminal      
  4.  Kontrol internal lebih berpengaruh daripada kontrol eksternal. (J. Dwi Nurwanto & Bagong Suyanto, 2010:116).
Sumber:
Hagan, Frank E. 2013. Pengantar Kriminologi: Teori, Metode, dan Prilaku Kriminal . Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Adang,Yesmil Anwar. 2013. KRIMONOLOGI. Bandung. PT. Refika Aditama.
Narwoko, J. Dwi & Bagong Suyanto. 2010. Sosiologi : Teks Pengantar dan Terapan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Sekian pembahasan pada teori kontrol sosial.
Salam.

Sita Awalia S.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

(Bahan Materi) Teori Tipologi Adaptasi pada Sosiologi Perilaku Menyimpang

(Bahan Materi) Teori Differential Association Pada Sosiologi Perilaku Menyimpang

(Bahan Materi) Teori Labelling pada Sosiologi Perilaku Menyimpang